Pesan-pesan Surat Al Baqarah 285-286

Ayat terakhir  Al Baqarah 285-286 bermakna tentang terhindar dari semua kejahatan dan bahkan ada yang mengatakan bahwa kedua ayat ini cukup sebagai pengganti sholat malam. Di dalam ayat terakhir surah al Baqarah menjelaskan tentang pemberitaan dari Alah SWT kepada Rosul-Nya dan orang-oramng beriman. Menjelaskan tentang beriman kepada Allah SWT, kitab-kitabnya dan Rosul-Nya. Tidak ada perbedaan bagi mereka untuk menjalankan perintah, mengamalkan, patuh dan meminta hanya kepada Alah SWT. Alah sama sekali tidak membebani kepada hambanya melebihi dari kemampuannya. Allah juga mengampuni keterbatasan hambanya dalam menjalankan kewajiban-kewajibannya.

Di dalam surah Al Baqarah ayat terakhir 285 hingga 286 terdapat pesan-pesan yang harus diketahui oleh orang-orang muslim, di antaranya :

  • di dalam surah ini menyebutkan sifat agung seorang mukmin yaitu mendengar, ta’at dan berkomitmen terhadap perintah-perintah Allah SWT
  • di antara keimanan yang esensial adalah iman kepada Alah, malaikat, kitab dan rosul Alah.
  • Wajib bagi orang-orang didunia ini untuk beriman kepada Rosul dan kitab-kita-Nya tanpa membedakan keduanya.
  • Rahmat Allah sangat besar kepada hambanya. Allah tidak akan membebankan mereka melewati batas kemampuan dari mereka.
  • Di dalam surah ini maka dapat kita lihat bahwa adanya kemudahan dan tidak mempersulit di dalam beragama.
  • Allah akan mengabulkan doa hamba-hambanya. Maka sebaiknya ayat terakhir di dalam surah al- Baqarah diucapkan sebelum tidur.

Sangat dianjurkan bagi orang-orang muslim untuk membaca dua surat terakhir di dalam surah Al-Baqarah sebelum tidur. Barang siapa yang membaca pada satu malam, maka dua ayat tersebut akan mencukupinya. Juga disebutkan bahwa membaca ayat kursi dan dua ayat terakhir di dalam surah Al-Baqarah menjadi harta terpendam yang ada di bawah arsy. Ayat ini juga sangat dianjurkan dibaca di rumah sebagai pengusir syaithan. Seperti yang diriwayatkan olelh Nu’man bin Basyir bahwa nabi bersabda, sesungguhnya Alllah telah mencatatkan suatu catatan, menurunkan duua ayat penutup surah al Baqarah dan ketika keduanya tidak dibaca pada satu rumah selama tiga malam, maka syaitan akan menetap di dalamnya.