Tempat Wisata di Jogja yang Cocok buat Elf Microbus

Wisata murah jogja beringharjo

Sebagai kota wisata, Jogja merupakan tempat yang sangat popular bagi para wisatawan baik rombongan kecil, menengah dan besar. Mereka datang ke Jogja dari daerahnya masing-masing dengan alasan yang sederhana yaitu untuk berlibur. Untuk rombongan sedang berjumlah belasan tentu membutuhkan kendaraan jenis microbus. Dengan mengunakan Elf Microbus, mereka bisa mencari objek-objek wisata cocok dikunjungi saat berwisata di daerah ini. Mengunakan Elf Microbus maka lebih mempermudah wisatawan untuk datang ke objek-objek wisata seperti Kraton Yogyakarta, Tamansari, Museum Vredeburg , Kalibiru dan masih banyak lagi. Berikut akan kami jelaskan tempat-tempat tersebut sebagai referensi saat menikmati paket wisata di Jogja.

  1. Kraton Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki sebuah kraton atau istana kerajaan yang terkenal dengan sebutan Kraton Yogyakarta. Di bangun pada abad ke-18, kraton ini masih bisa dinikmati hingga saat ini. Kraton Yogyakarta sendiri didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I beberapa bulan pasca Perjanjian Giyanti. Selama berabad-abad kraton menyimpan berbagai kisah dan juga benda-benda peninggalan kerajaan yang tak ternilai harganya.

Bagi para wisatawan cukup membayar tiket Rp. 7000,- untuk masuk ke komplek kraton. Di dalam kraton pengunjung bisa melihat berbagai macam hal antara lain: bangunan khas Jawa dan juga bangunan yang merupakan campuran budaya Jawa dan budaya lainnya seperti: Cina, Belanda dan lain-lain. Bangunan yang ada di kawasan kraton antara lain: Gedung Putih, Gedung Ijo, Kantor Keuangan, Joglo buat menerima tamu dan Jogjo buat acara kerajaan dan masih banyak lagi. Selain bisa melihat bangunan tua yang bersearah, wisatawan juga bisa melihat berbagai macam koleksi dari kesultanan yang mempunyai nilai sejarah yang luar biasa. Sebut saja batik, meriam, lukisan, kursi kerajaan. Barang pribadi para raja dan sebagainya.

  1. Tamansari

Tamansari merupakan situs atau bekas tempat untuk mandi keluarga raja Yogyakarta. Di bangun oleh Sultan Hamengku Buwono pada abad ke-18, tempat ini telah mengalami pemugaean sehingga masih bisa dinikmati hingga saat ini dan menjadi salah satu objek wisata popular yang ada di Jogja. Lokasinya yang berdekatan dengan Kraton Yogyakarta membuat wisatawan selalu menyempatkan diri untuk melihat salah satu arsitektur unik di Jogja.

Tiket masuk kawasan ini Rp. 7000,-, dengan uang tersebut wisatawan bisa berkeliling melihat keindahan bangunan yang merupakan perpaduan berbagai budaya dan agama. Tamansari merupakan bangunan perpaduan budaya Jawa, Cina dan juga Eropa. Selain itu bangunan ini juga terpengaruh budaya dari agama Hindu, Buddha dan Islam. Perpaduan budaya tersebut menghasilkan sebuah bangunan yang sangat unik dan juga indah.

  1. Benteng Vredeburg

Sebuah benteng pertahanan berdiri kokoh di tengah-tengah Kota Jogja nama benteng itu adalah Benteng Vredeburg. Benteng ini di bangun oleh Belanda sebagai tempat untuk berlindung dan juga untuk menyaksikan pergerakan dari Raja di Kraton Yogyakarta. Benteng ini di bangunan pada tahun 1867 dan diberi nama Benteng Vredeburg yang berarti Benteng Perdamaian sebagai simbol perdamaian antara Belanda dengan Kraton Yogyakarta.

Tiket masuk ke dalam benteng sangat murah, hanya Rp. 3000,-. Begitu masuk kawasan benteng, wisatawan seakan berada di masa lalu. Tembok benteng yang menjulang tinggi dan bangunan-bangunan yang ada di dalam benteng membuat suasana menjadi begitu romantis. Di dalam bangunan terdapat diorama-diorama yang bertemakan perjuangan kemerdekaan.